Fase Retorika
1. Fase
Rhetorika Yunani (abad ke-5 SM)
Proses
pernyataan dalam fase Yunani ilmu “rhetorike” dipelopori oleh Georgias (480-370
SM), sebagai seni berbicara untuk kemenangan, Protagoras (500-432 SM) sebagai
keindahan bahasa, Socrates (469-399 SM) demi kebenaran melalui dialog, puncak
retorika yaitu pada Demosthenes sebagai kemahiran berbicara di depan umum dan
Aristoteles pembuktian maksud pembicaraan melalui upaya menampakan pembuktian (logika).
2. Fase
Rhetorika Romawi
Fase
ini dikembangkan oleh Marcus Tulius Cicero (106-63 SM). Fokus pada sistematika
pada dua tujuan pokok, yaitu anjuran dan penolakan. Tujuannya menyandarkan
publik tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan rakyat.
3. Fase
Publisistik
Embrio:
Galius Julius Caesar (100-44 SM) yang mempelopori Acta Diurna menjadi cikal-bakal jurnalistik. Pertama, penemuan
mesin cetak oleh Johannes Gutenberg (1400-1468). Kemunculan surat kabar pertama
oleh Avisa Relation Order Zeitung (1609).
Dikenal Science of the Press (abad
ke-19). Prof. Dr. Karl Bucher dikenal sebagai bapak publisistik pertama.
4. Fase
Communication Science
Awalnya
Joseph Pulitzer (1903) memiliki School of Journalism yang didukung oleh
Charles Eliot dan Nicholas Murray Butler. Disimpulka bahwa komunikasi massa
hanya satu di antara beberapa dimensi lain proses komunikasi, sehingga ilmu
tentang itu berubah menjadi Communication
science.
Para Perintis
·
Charles Cooley
(sosiolog)
·
Walterlippman
(wartawan)
·
Sapir
(Antropolog)
·
Whrof
(Linguis)
·
Wiener dan
Shannon (cybernetic Scientist)
·
Newcomb,
Osgood, Klapper, Katz dll (Psikolog)
·
Pool, Lasswell
(Political Scientist)
·
Boulding
(ekonom), dll.
Lingkup Komunikasi
Bidang
komunikasi antara lain:
·
Social
communication
·
Organizational
Communication
·
Business
Communication
·
Political
Communication
·
Internasional
Communication
·
Intercultural
Communication
·
Development
Communication
·
Tradisional
Communication
Sifat
Komunikasi
·
Komunikasi verbal
·
Komunikasi non-verbal
·
Komunikasi tatap muka
·
Komunikasi bermedia
Tatanan
Komunikasi
·
Personal Communication antara lain:
intrapersonal dan interpersonal
·
Group Communication antara lain: small
group comm (ceramah, forum, simposium, seminar, brainsorming) dan large
group comm (Public Speaking)
·
Komunikasi Massa antara lain: Printed
mass media comm; electronic mass media comm
- Media
Comm antara lain : surat, telpon, pamflet, poster, spanduk dll.
Tujuan
Komunikasi
1. To
change opinion
2. To
change behavior
3. To
change attitude
4. To
change the society
Fungsi
Komunikasi
1. To
inform
2. To
educate
3. To
entertain
4. To
influence
Tujuh
Tradisi Komunikasi
·
Tradisi Sosio
Psikologis : komunikasi sebagai pengaruh interpersonal
·
Tradisi
Sibernetik : komunikasi sebagai pemrosesan informasi
·
Tradisi
Retorika
: komunikasi sebagai berbicara menarik di depan publik
·
Tradisi
Semiotika : komunikasi sebagai proses berbagai arti melalui
isyarat
·
Tradisi
Socio-cultural : komunikasi sebagai pembuatan dan pengembangan
realitas sosial
·
Tradisi
Kritikal
: Kom sebagai cerminan wacana ketidakadilan
·
Tradisi
Fenomenological : Komunikasi sebagai dialog pengalaman
pribadi dan pengalaman orang lain
No comments:
Post a Comment